Home » » Perbedaan mengenai OEM,FPP dan OLP di Microsoft

Perbedaan mengenai OEM,FPP dan OLP di Microsoft

Written By Unknown on 10/13/2013 | Sunday, October 13, 2013

Ketika kita membeli produk dari Microsoft terutama OS Windows,  kita pasti akan di hadapkan dengan istilah OEM, FPP atau OLP. Hal ini berhubungan dengan lisensi dari produk Microsoft tersebut. Ke tiga jenis lisensi tersebut berbeda baik dari segi maksud ataupun harga.



Berikut ini penjelasan dari ke tiga lisensi tersebut  :

1. OEM (Original Equipment Manufacture).
Lisensi pada produk OEM ini adalah melekat pada Komputer ( PC atau Laptop). Dengan kata lain jika terjadi kerusakan pada komputer maka lisensi pada jenis ini tidak bisa ditransfer ke komputer lain. Microsoft akan mencatat identitas prosesor dan motherboard. Sehingga jika terjadi kerusakan pada prosesor maupun motherboard, maka otomatis Sistem Operasi  yang sudah diinstall menjadi hangus/hilang. Dan harus menempelkan stiker berbentuk hologram di komputer yang diinstall. Sedangkan keuntungannya jika kita menggunakan lisensi jenis OEM ini adalah harganya paling murah, karena tidak ada box dan juga buku.

2.  OLP (Open License Pogram). 
Lisensi ini melekat pada Organisasi atau Nama Perusahaan. Jika suatu saat komputer rusak maka dapat ditransfer pada komputer lain pada perusahaan yang sama. Syarat pembelian biasanya adalah minimal 5 user. Lisensi yang dijual adalah produk terbaru, tetapi jika software kita hanya bisa running di versi yang lama maka system bisa didowngrade ke versi yang lebih rendah.  Untuk pembelian OLP harus menyertakan data-data perusahaan dengan lengkap  seperti Nama Perusahaan, Nama Pembeli, Alamat Perusahaan, Nomor Telepon, dll. Dan untuk prosesnya biasanya membutuhkan waktu antara 2  hingga 3 mingguan.

3.  FPP (Full Product Package).   
Lisensi yang melekat pada pembeli. Tidak perlu menempel sertifikat (COA), karena sertifikat sudah menempel di box. Bila terjadi kerusakan hardware, bisa dipindahkan ke PC lain. Satu lisensi hanya untuk 1 komputer. Harganya tentu lebih mahal dari OEM atau  OLP.

Semoga bermanfaat.

(Original Equipment Manufacturing
(Original Equipment Manufacturing
(Original Equipment Manufacturing
(Original Equipment Manufacturing
(Original Equipment Manufacturing

0 komentar:

Post a Comment

Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, karena itu dimohon jangan kirim SPAM atau SARA.
Terima Kasih